berbagi cinta & makna

berbagi, berlari, hingga ajal menjemput diri

Waspadai Komik Murah Perusak Moral di Sekitar Kita!

Meski sudah dari bertahun-tahun yang lalu, tiap mendengar paparan dari para pemerhati anak termasuk bunda Elly Risman tentang payahnya komik-komik murah di sekitar jajanan sekolah, … teteup saja geregetan pas menemukan sendiri kalau yang model begini ada di depan mata. Di dekat sekolah anak saya. Di komplek perumahan saya. Dan mungkin, yang kayak gini merajalela dimana-mana. Komik parah di sela-sela berbagai mainan anak warna-warni yang menarik hati, membuat anak-anak kepincut ingin beli. Mestinya ada pemasoknya, kan jualan abang-abang mainan lainnya juga sama saja kurang lebih itemnya. Tapi, namanya komik perusak moral tidak bertanggung jawab, ya nggak bakalan juga ada nama pengarang dan penerbit. Kalau ada, bakal sudah babak belur digebugin massa.

Sebelnya lagi, harganya itu lho. Cuma serebu! Seharga es mambo. Nah buat anak-anak SD yang masih unyu unyu, uang jajan segitu ya mereka punya lah. Jatah jajan harian, kecuali bagi orangtua yang kebijakannya nggak ngasih uang jajan samsek.

Memanggil dan memeringatkan abang-abangnya untuk nggak jualan lagi yang kayak gini, tentu sudah dilakukan. Tapiii, ada berapa puluh ribu abang-abang yang jualan beginian sak-indonesia? Apakah semuanya bisa diperingatkan dan mau ikut aturan? Sementara pemasoknya terus saja mengiming-imingi dengan keuntungan berlipat ganda. Nyebelin kan. Nyebelin!

Memang, membangun benteng immunitas dari dalam jauh lebih aman. Mengingatkan anak-anak kita agar tidak beli yang begini dan begitu. Tapi kan orangtua juga tetap saja rentan kecolongan, kalau yang jualan macam begini berseliweran tiap hari. Masak iya emak-emaknya tiap hari kudu nyegat abang-abang tukang mainan terus melakukan razia? Ya Allah… ngeriii.

Seperti apa sih penampakan komik-komik itu? Setidaknya, ini yang saya temui.
Banyak diantaranya mengajarkan mistik gak jelas, hantu, pocong, pokoknya yang berbau syirik. Semacam ini.

 

Atau mengajarkan untuk mencuri, kleptomani

IMG_20160831_083659

Banyaaaak banget yang isinya pornografi, dan perselingkuhan. Pffft!

IMG_20160831_083511

Banyaaak yang mengajarkan kekerasan, perkelahian. Duh, anak-anak sekarang jadi makin susah mengendalikan dirinya dikepung media semacam ini. Bentar-bentar marah, bentar-bentar ngamuk, bentar-bentar nendang… astaghfirullah.

 

 

Bahkan mengajarkan anak untuk balas dendam pada orangtuanya sendiri. Ya Allah…

IMG_20160831_083551

Dan dari judul serta gambar kavernya saja sudah berbau mistik gak jelas.

Astaghfirullah, anak-anak kita benar-benar dikepung bahaya. Ya Allah, lindungi anak-anak kami dari akhlak tercela, dari teman yang buruk perangai, dan dari orang jahat yang ingin melukai. Mari kita menata lagi, mengevaluasi langkah-langkah pengasuhan kita pada anak-anak: apakah sudah tepat? Sebelumnya, mari kita menenteramkan hati dengan doa ondaj dari Rasulullah ini.

PicsArt_1470915911604

Lalu, peluk anak-anak kita. Usap ubun-ubunnya. Allah, lindungi kami…

 

Iklan

3 comments on “Waspadai Komik Murah Perusak Moral di Sekitar Kita!

  1. nzulfah
    September 2, 2016

    Ya ALLAH.. baru tau bu, ada komik2 macem ini. Kok parah bgt ya? 😦
    Semoga anak2 kita selalu dilindungi ALLAH dr pengaruh buruk lingkungan jaman sekarang ya Bu..

  2. tia putri
    September 2, 2016

    Iya parah banget komiknya gak jelas gitu. Masih mending dulu jamanku masih sekolah buku2 cerita yg isinya cerita siksa kubur dan neraka. Somehow ada yg bergambar dan itu menyeramkan. Tapi malah jadi pelajaran smp skrg sudah dewasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 2, 2016 by in inspirasi, parenting, pendidikan anak and tagged , , , .

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 5.623 pengikut lainnya

My Posts

%d blogger menyukai ini: