berbagi cinta & makna

berbagi, berlari, hingga ajal menjemput diri

Cara Pintar Cari Untung dari Beli Oleh-oleh Umroh

Jumlah jamaah haji atau umroh dari Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat. Bahkan untuk umroh, rasanya semakin berjubel saja dari tahun ke tahun, berlomba dengan perluasan yang dilakukan oleh Saudi, sebagai pelayan haramain. Nah, menjelang dan sesudah berhaji atau umroh, ternyata banyak banget pernak-pernik yang perlu dipersiapkan. Saya teringat pengalaman saya sendiri sewaktu akan berhaji tahun 2006. Membeli beberapa baju dan celana putih di Pasar Jatinegara, membeli oleh-oleh non makanan di Pasar Tanah Abang, membeli krim ini itu dan masker di toko khusus perlengkapan haji. Tentu itu semua tak bisa dilakuan dalam satu hari, mengingat jarak antar ketiga tempat tersebut juga tidak dekat. Minimal butuh waktu tiga hari, plus bonus kaki pegel ūüėÄ
Padahal itu pun belum sempat membeli oleh-oleh berupa makanan khas Arab seperti kurma, kismis, coklat dan kacang-kacangan. Waktu itu cuma mikir, makanan yang paling segar ya beli saat berhaji saja.

Ternyata, sekarang sudah ada kemajuan lho, khususnya di Jakarta. Jika kita mau umroh atau haji, tak perlu lagi ngiter-ngiter ke berbagai pasar atau toko. Cukup di satu area saja. . Ada semacam kumpulan toko di satu lantai yang menjual berbagai macam keperluan dan oleh-oleh haji. Bahkan hingga travel haji dan umroh juga ada di situ. Kawasan tersebut disebut dengan Planet Haji Umrah (PHU). Demikian disampaikan Pak Teguh Iman Perdana, koordinator komunitas pedagang PHU, sewaktu Launching PHU beberapa waktu lalu. Terus terang, awalnya saya membayangkan bahwa PHU adalah sebuah toko sangat besar semacam toserba yang menjual aneka keperluan haji dan umroh. Ternyata dugaan saya salah. Tak hanya menawarkan barang, bahkan PHU ke depannya juga akan menyiapkan tempat khusus untuk manasik.

IMG_20160603_151214

Teguh Iman Perdana, Koordinator komunitas PHU

PHU

Launching PHU juga dihadiri oleh Asma Nadia, penulis buku best seller

Di manakah posisi tepatnya? PHU ada di lantai 3A Thamrin City. Penasaran, beberapa hari yang lalu seusai launching PHU, saya mencoba berkeliling di deretan toko yang ada di lantai 3A itu. Betul, ternyata lengkap, semua kebutuhan dan oleh-oleh haji dan umrah sudah tersedia. Ada deretan toko khusus menjual baju dan kerudung, ada yang menjual mukena, ada juga yang menyediakan sajadah berbagai merk baik lokal maupun import. Tak sedikit juga deretan toko yang menjual oleh-oleh makanan berbagai jenis kurma, coklat dan kacang. Bahkan coklat kerikil pun ada.

IMG_20160603_161917

Coklat dan kurma berbagai jenis dengan harga bersaing

Bagaimana dengan harganya? Karena saya juga sempat berjualan kurma beberapa bulan terakhir, kaget juga saya dengan harga kurma di PHU ini yang aduhai bersaing. Saya rasa begitu pula dengan harga berbagai gamis, mukena, sajadah, dan lain-lain. Harganya tidak akan berbeda jauh dengan harga di Saudi sono. Bedanya di sini bayar pakai rupiah, di sana bayar pakai riyal dan bonus kudu nggotong sendiri ke Indonesia atau rela merogoh kantong lebih dalam untuk dikirim dengan cargo. Harga yang sangat bersahabat ini tampaknya bisa dimanfaatkan untuk yang mau bisnis oleh-oleh haji kecil-kecilan, baik secara offline maupun online. Hal ini menjadi sangat menarik, apalagi saat ini bertepatan dengan ramadhan di mana belanja kurma, mukena, sarung, baju dan kerudung putih cenderung meningkat tajam. Disambung denngan lebaran idul fitri, dan Idul Adha beberapa bulan lagi. Jadi, PHU ini juga bisa dianggap sebagai pusat grosir oleh-oleh haji dan umrah.

Ohya, yang menarik juga, belanja di Tamcit ini insya Allah kita akan bebas dari asap rokok. Karena pihak manajemennya tidak menyiapkan smoking area, dan mempertimbangkan kenyamanan para perempuan untuk berbelanja sebagai kaum mayoritas yang suka pergi ke pasar. Termasuk saya D

Tamcit juga dilenglapi dengan masjid yang megah dan indah, yang bisa menampung hinga 1500-an jmaah. Di lantai 3A tempat PHU berada pun  sudah ada musolla yang represenatatif. Jadi, hati tetap tenang karena meskipun sibuk berbelanja insya Allah waktu sholat tidak akan susah cari tempat.

Nah, bagaimana, penasaran? Silakan kunjungi langsung Tamcit atau 3A ya.
Sebelum berbelanja, kalau penasaran ingin tahu lebih banyak tentang PHU, silahkan dibuka saja¬†link PHU nya. Selamat berbelanja dan cari untung yang berkah ūüôā

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Juni 8, 2016 by in Curahan Hati, jual beli and tagged .

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 5.617 pengikut lainnya

My Posts

%d blogger menyukai ini: