berbagi cinta & makna

berbagi, berlari, hingga ajal menjemput diri

Bapak, dan Hari Ayah

Aku tahu bagaimana cara menulis yg baik karena bapak. Beliau kritis terhadap surat2 yg kukirim dulu, direview satu2. Dikembalikan padaku dan dibahas saat aku mudik. Hingga aku paham dimana salahku.

Aku tahu indahnya bernyanyi karena bapak. Beliau rajin mengajarkan lagu baru, termasuk lagu baru yg tercantum dr majalah anak2. Tanpa alat musik atau garputala, cukup musik mulut. Tapi pas, tidak fals.

Aku belajar merawat luka karena bapak. Saat kecil kaki2 kami kadang terkena penyakit kulit karena main di sembarang tempat, Beliau yg tiap hari telaten merendam dgn air panas, membersihkan nanah & kotoran, & memberikan obat. Ilmu yg kupakai saat kini memiliki anak2.

Aku tertarik dengan humor & dongeng karena bapak. Dari serbet makan bisa menjadi bermacam2 binatang. Juga dari bentukan tangan, ditimpa cahaya lampu malam. Setiap malam menunggu dongeng atau tebak-tebakan lucu. Khusus malam jumat, cerita tentang para nabi dan sahabat.

Aku tahu apa itu romantis karena bapak. Menyiapkan kado di hari istimewa, lalu disembunyikan di tempat tak terduga. Kado yg ‘gue banget’ hingga banyak orang bertanya: beli dimana? Wah padahal yg beli bapak2. Mengirim post card indah saat berhaji. Memilihkan oleh2 spesial jika pergi muktamar ke luar kota.

Semasa beliau hidup, mungkin beliau tak pernah tahu ada hari ayah. Tapi bagiku, setiap hari adalah hari ayah. Cucumu ini kelak juga akan menjadi ayah.

Allahummaghfirlahu warhamhu waafihi wa’fuanhu.

image

Tinggalkan Balasan

Information

This entry was posted on November 13, 2015 by in Curahan Hati and tagged .

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 5.623 pengikut lainnya

My Posts

