berbagi cinta & makna

berbagi, berlari, hingga ajal menjemput diri

BOTD, Apa Pula itu?

Saya ini gaptek tapi nekad ngeblog. Pas ada komentar dari salah seorang pembaca, “Wah masuk BOTD, selamat-selamat” malah saya bingung dhewe. Terus saya balik tanya, “BOTD itu apa ya? nggak ngerti”
Tapi belum dijawab sama yang komen. Ya sudah terus saya coba gugling. Ternyata maksudnya Blog Of The Day, yang memang sudah ada rumusannya di wordpress. Memang sih dari wordpress waktu itu ada notifnya, masuk 100 blog yang disukai. Tapi pikir saya malah simple banget: Oh, ada 100 orang yang suka, syukurlah kalau bermanfaat.

image

Eh lha ternyata saya salah. Maksudnya ternyata adalah blog saya itu kemarin masuk peringkat 100 blog wordpress (yang berbahasa Indonesia) yang terpopuler, yang paling dicari, dengan urutan nomor 14.

botd wp

Lha saya juga kaget kenapa bisa masuk BOTD, dan bukan itu tujuan bikin surat cinta buat ibu mentriku kemarin. Benar-benar pengin ngasih masukan, tapi pengin yang sifatnya bisa langsung ke beliau, gak sekedar opini. Juga berharap bisa mewakili aspirasi banyak ibu-ibu lain yang berseliweran di taimlen fesbuk saya. Jadilah surat itu, dengan berpikir cukup lama dan beberapa kali editan. Lha kan saya juga gak mau ditusuk sate gara-gara surat. Wong niatnya baik-baik, ngasih masukan dengan baik, dan semoga juga diterima dengan baik.

Eh, tahu-tahu wuzzz, dalam empat hari saja sudah 72.000an pembaca, 261 komentar, plus bonus dibully beberapa. He ya sudahlah, diniatkan ngibadah, komentar dijawab satu-satu. Apalagi komentar yang gahar-gahar, kudu dijawab dengan sangat sabar. Untunglah setelah beberapa kali pingpong, akhirnya melunak. Ya minimal melunak, gak marah2 lagi.

Saya juga sempat curhat di fesbuk karena menjadi single fighter untuk menjawab komentar-komentar itu:

botd1

Sampai hari ini pun surat itu masih dibaca beberapa ribu orang. Sebenarnya ini juga beban mental buat saya. Harus mikir dulu kalau mau ngeblog, jangan asal njeplak. Dibaca banyak orang, ngeri juga malah kalau ada apa-apa. Selanjutnya, juga memicu diri, untuk lebih produktif dan selektif dalam menulis, agar memberikan manfaat optimal buat yang baca.

Yowes, gitu aja. Doakan saya ya 🙂

17 comments on “BOTD, Apa Pula itu?

  1. bukanbocahbiasa
    November 1, 2014

    Aaakkk… I feel you mak…aku tiga hari lalu juga posting ttg BU susi. Dan, traffic blog langsung naik drastis. 7000 views per hari, dan ini udah bikin aku nggumun ter-wow-wow banget gitu, hehe… Keren maak… Keren… Lanjutkan!,

  2. Heryanto Achmad Nur
    November 1, 2014

    Mbak mukti, anda adlh penulis yg baik. Gaya tulisan anda sedrhana dan amat mengena. Muslimah seperti anda harusnya jadi mentri…paling tidak mentri PAUD hehehe
    Barakallah
    Salam Kenal
    HAN

    • muktiberbagi
      November 1, 2014

      Terimakasih pak supportnya. Doakan cepet lulus jadi doktor paud dulu aja pak 😀 *lagi nyusun disertasi nih

      • Heryanto Achmad Nur
        November 1, 2014

        Insya Allah…Amiiin

        Sukses trus kedepannya ibu mukti

        Salam Hormat

      • muktiberbagi
        November 1, 2014

        Salam hormat kembali pak 🙂

  3. Laelan
    November 1, 2014

    Semanagt ibu Muktia Farid

  4. Burhan
    November 1, 2014

    Selamat dan sukses terus mbak, semoga bisa meng-inspirasi saya untuk terus menulis dan bisa nyusul walaupun dengan merangkak dan tertatih tatih 🙂

    • muktiberbagi
      November 1, 2014

      Terima kasih. Sy malah juga baru tahu ada hitung2an botd segala macam di wp. Maklum gaptek pwol. Mari terus menulis 🙂

  5. Ping-balik: Berprasangka Baik Padamu, Buk Susi | berbagi cinta & makna

  6. irniis
    Desember 5, 2014

    ibu… postingan ibu yang lain udah saya baca, tapi yang ini Woww selamat bu. Tapi emang surat cinta itu sesuatu banget, saya juga baca komen yang gahar2 ntu. Tapi ibu tetap telaten euy jawab satu2. 👏👏👏

    • muktiberbagi
      Desember 5, 2014

      Ihiy sekali2 ngerasain dibully. Ternyatahh… Nggak enaaaak! 😀 makasih mak irni dah mampir dimari

  7. sriwidiyastuti
    Desember 29, 2014

    ow begitu tohh … pengalaman berharga ya mak (Y) acung jempol empat deh ^_^ tahniah barakallah mak 🙂

  8. toelank
    Juni 11, 2017

    Sekarang kok udah ga ada lagi ya BOTD, sya cari2 ga nemu

    Salam http://toelank.wordpress.com

    • muktiberbagi
      Juli 17, 2017

      Gak tahu saya juga. Itu kayaknya notif gitu yaa dr wp nya

Tinggalkan Balasan

Information

This entry was posted on November 1, 2014 by in Neguneg and tagged , .

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 5.597 pengikut lainnya

My Posts

