berbagi cinta & makna

berbagi, berlari, hingga ajal menjemput diri

Sekilas Tentang Desa Minus nan Tandus: Sudaraga

Desa sudaraga. Kalau dalam bahasa jawa, suda itu artinya berkurang, raga ya tubuh. Sudaraga artinya berkurang tubuh. Pas suami saya kesana pertama kalinya (naik motor berboncengan dengan adik), pada tahap tertentu terpaksa turun dari boncengan dan berjalan mendaki diantara jalan licin berbatuan terjal. Pulangnya, beliau komentar, “Benar-benar nama desanya sesuai deh. Susah dijangkau, sampai ngos-ngosan. Bisa kurus kalau tiap hari bulak-balik kesana”.

Rumah-rumah yang ada di sana rata-rata berdinding bilik beratap daun kelapa kering, lantai tanah. Daerah kering tandus itu termasuk daerah sulit air. Untuk mengambil air bersih harus berjalan lk dua kiloan. Penduduknya, laki-laki maupun perempuan, sambil menunggu hasil ladang, biasa mencari kayu bakar ke alas (hutan) untuk dijadikan bahan bakar. Salah satu penduduk yg saya kenal, yg masih memiliki anak balita, bahkan biasa pergi ke alas yang terjal dengan menggendong anaknya. Saat pulang dengan muatan kayu bakar di punggung, anaknya di’tangkring’kan di atas kayu bakar yg bertumpuk di balik punggung, sambil menuruni jalan berbatuan menuju pemukiman. Ruarrrr biasa!

Tahun lalu, di desa ini dan sebelahnya, ternyata hanya ada 2 kambing kiriman dari jamaah fesbukiyah yang menitipkan ke saya, yang ada untuk qurban di desa itu dan desa sebelahnya. Sama sekali tak ada pequrban lain. Jadi 1 kambing 1 desa. Jelas gak mencukupi, tapi mereka menyambutnya dengan antusias sekali.

Nah, tahun ni semoga lebih banyak pequrban yang tergerak. Paling tidak 1 dukuh 1 kambing saja, semoga bisa memberikan kegembiraan bagi penduduk disana. Setidaknya, setahun sekali makan daging. Sedang bagi kita, makan daging kan menu biasa. Hiks. Nah, gimana caranya ikut bergembira bersama mereka di hari raya Qurban, silakan baca di sini.

qurban 04

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 12, 2014 by in Curahan Hati.

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 5.623 pengikut lainnya

My Posts

%d blogger menyukai ini: