berbagi cinta & makna

berbagi, berlari, hingga ajal menjemput diri

The Power of Letter

surat

Salah satu cara memotivasi anak yang berada di boarding, selain dijenguk, adalah membuat surat. Kenapa surat? Karena seperti pepatah: scripta manent verba volant. Yang tertulis akan abadi, sedang yang terucap akan cepat hilang. Dan bahasa tulis yang paling romantis adalah melalui surat yang benar2 surat di kertas. bukan surel, sms, email, dsb (lagian anak boarding gak boleh bawa hape).

Sejak 3 tahun yang lalu, saat anak pertama, Hurin, mulai masuk boarding, itu yang saya lakukan. Surat-suratan, seperti jaman saya jadi anak sekolahan 🙂
Termasuk ketika ada momen-momen khusus seperti akan UAS atau pekan hafalan Quran, alhamdulillah bunda asramanya juga mengingatkan para ortu untuk membuat surat bagi putra/putrinya via email, dan beliau yang akan menyalinnya. Alhamdulillah, nasehat atau masukan lebih mengena, dan anak juga lebih bisa curhat dengan leluasa melalui suratnya kepada ayah/ibunya. Waktu itu, beberapa kali, saat kami berpamitan pulang, Hurin anak saya tiba-tiba menyelipkan sepucuk surat, dengan pesan,”Jangan dibuka di sini. Nanti kalau Ibu sudah sampai di rumah aja”. Surat-suratnya masih saya dokumentasikan dengan lengkap. Isinya beraneka, ada yang membuat hati tersenyum, ada juga yang membuat hati gerimis.
Tentu, saya juga perlu membalas surat itu, yang karena jarak kami tak terlalu jauh dengan Subang tempatnya sekolah, biasanya saya berikan pada saat kunjungan berikutnya.

Cara yang sama, insya Allah juga akan kami terapkan pada adiknya, Adnin, yang saat ini mulai beradaptasi dengan dunia boarding. Saat ditengok pekan lalu, dia memang masih mellow swallow, karena cukup kaget dengan rutinitas boarding yang padat. Tapi kami percaya, dia akan mampu melewati ini. Kakaknya yang berada di boarding yang sama, juga berjanji akan mengirimkan surat tips-tips khusus untuk adiknya, dan akan sering menemui adiknya. Bismillah…

Iklan

2 comments on “The Power of Letter

  1. Tita Bunda Aisykha
    Agustus 26, 2014

    Setuju mba,,surat yg bnr2 di kertas,,emang beda rasanya dg surat2 dg media lain yaa,,lebih nyeess bacanya,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Agustus 25, 2014 by in parenting and tagged .

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 5.597 pengikut lainnya

My Posts

%d blogger menyukai ini: