berbagi cinta & makna

berbagi, berlari, hingga ajal menjemput diri

#Tips Mengusir Ngantuk Saat Tilawah

TIPS SERI 1

Mau bagi catatan #tipstilawah gak jadi-jadi, ya sud dibikin berseri aja ya. Sekarang tentang ‘MENGUSIR NGANTUK’ dulu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

tilawah

  1. Cari tempat duduk yang tidak terlalu empuk dan nyaman untuk nggelosor. kursi biasa lebih baik, jangan sofa, apalagi kasur
  2. Jika sudah mulai nguap2, pindah ke tempat lain, tetep teruskan tilawah, jangan ditaruh Qurannya. bisa juga ke luar rumah gelar tikar atau bawa bantal tipis (khusus untuk duduk), udara segar biasanya membantu mengurangi ngantuk.
  3. Kadang perlu tilawah sambil berdiri atau berjalan pelan, untuk mengurangi ngantuk, sambil melemaskan otot2. kadang saya malah sambil nggowes sepeda statis
  4. Jauhkan dari benda-benda yang mengganggu seperti gadget, tab, dll. Fokus pada tilawah saja.
  5. Jangan cepat menyerah untuk meletakkan quran begitu merasa ngantuk. tetapkan target minimal sekai duduk untuk membaca misalnya 1/2 juz atau 1 juz. nanti kalau sudah terbiasa, target bisa meningkat.
  6. Cari Quran yang tulisannya sesuai kemampuan mata dan tangan. tidak terlalu besar (capek tangannya) juga tidak terlalu kecil (sepet matanya). untuk mata after 40 seperti saya disarankan gak pakai Quran saku kayak jaman mahasiswa
  7. Bisa juga diselingi dengan ambil air wudhu lagi meski tidak batal. atau cukup semprot2 muka (kayak kalau lagi di haramain). kan sekarang lagi ngetren tuh nano spray. nah kita bisa pakai itu atau pakai air apa saja pakai semprotan biasa. ada air zamzam, atau air kangen, atau air beroksigen lebih bagus, lebih fres (eh ini bukan promosi)
  8. Khusus untuk yang usai sahur tidak pergi kemana-mana, saya punya tips yang cukup ampuh yang saya praktekkin selama ini. sejak bangun kurang lebih jam 3 an sengaja dibanyakin minum air putih, hingga menjelang subuh. bergelas-gelas, bisa 6-7 gelas. kembung kembung dah! selain untuk menghindari dehidrasi, biasanya habis subuh juga ‘terpaksa’ bolbal ke kamar mandi untuk (maaf) pipis. ini lumayan mengusir ngantuk, lha gimana mau tidur kalau bawaannya kebelet pipis.  Tapi tips ini strongly not reccommended utk yg abis subuh langsung pergi kerja. bisa mules2 dijalan nahan pengin pipis 😀
  9. Biasakan tidak tidur langsung usai sholat subuh. lanjut dengan tilawah sekuatnya. kalau ngantuk, bisa cari kegiatan lain dulu bentar (nyapu, nyiram tanaman, belanja sayur, dll) masih ngantuk juga, ya kembali ke catatan awal tadi.

*catatan memeringati lap 4

Iklan

One comment on “#Tips Mengusir Ngantuk Saat Tilawah

  1. Ping-balik: Sepuluh #TipsTilawahRamadhan Seri 2: MENCAPAI TARGET | berbagi cinta & makna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Juli 12, 2014 by in Curahan Hati.

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 5.623 pengikut lainnya

My Posts

%d blogger menyukai ini: