berbagi cinta & makna

berbagi, berlari, hingga ajal menjemput diri

#Gagal dalam Pernikahan

1. seringkali, kita begitu takut dengan perceraian, karena itu lambang kegagalan sebuah pernikahan. padahal, kegagalan PERNIKAHAN, bukan hanya PERCERAIAN. tapi saat tidak ada perbaikan perilaku, pelejitan potensi, & peningkatan amal shalih dari individu2 di dalamnya, itu juga KEGAGALAN. pernikahan lalu sekedar simbol bersatunya individu tapi tak ada penguatan ruhy & ilmy, apalagi da’awy. kadang, rutinitas sehari2 bisa menjadi jebakan.

ibarat kuliah, IPK-nya nasakom terus (nasib satu koma lima), jadi mahasiswa abadi.
#NtMS

2. maka, SAMARA dalam pernikahan itu memang tak tegak atas dasar CINTA semata. tetapi lebih karena adanya penguatan amal, ilmu, dakwah, dsb dari individu2 di dalamnya secara KONSISTEN.

jika saat sendiri ibadahnya munfarid & hanya bernilai 1, saat berdua terhitung berjamaah, menjadi berlipat 27. ini tak hanya bicara tentang pahala, tapi kualitasnya juga mestinya berlipat 27. lalu, kenapa kadang pasca menikah, justru ibadah malah makin gawat daripada saat melajang?

3. jadi, jika merasa sekarang pernikahan kita secara kualitas ‘amali, ruhy, ilmi dan da’awi lagi stuck jalan di tempat atau bahkan mundur ke belakang, terus merasa GAGAL, justru bagus!

langkah pertama memperbaiki diri (dan pasangan) adalah merasa gagal atau ada masalah, dan langkah selanjutnya memikirkan bagaimana caranya supaya tak terus-menerus gagal. jauh lebih berbahaya yang merasa pernikahannya baik2 saja, padahal sendi2nya justru keropos gak keruan. seperti bangunan megah, tapi sudah banyak dimakan rayap.

yuk bareng2 perbaiki. saya juga sering merasa ‘gagal’ dalam hal ini…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Mei 30, 2013 by in Curahan Hati.

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 5.623 pengikut lainnya

My Posts

%d blogger menyukai ini: