berbagi cinta & makna

berbagi, berlari, hingga ajal menjemput diri

Njing-gonjang-ganjing Berita

ada 2 perangai yang Allah sukai, yaitu AL-HILMU dan AL-ANAH. al-anah adalah tenang, berhati-hati dalam menghadapi permasalahan dan tidak tergesa-gesa. al-Hilmu adalah lembut dan menguasai diri ketika marah.
kaitannya dengan gonjang ganjing berita yang tak jelas, ada 4 tipe manusia yang tidak bersesuaian dengan 2 perangai tersebut:

1. orang yang sengaja menggunakan isu untuk merusak kehidupan masyarakat, yaitu dari kalangan orang-orang munafik.

2. orang yang mudah menerima kabar dan segera menyampaikannya kepada orang lain tanpa memeriksa kebenarannya. dan ini, waspadalah, sangat bisa jadi sering kita lakukan ‘tanpa sengaja’ meski karena penasaran dan bertanya, tapi bertanya pada orang yang sama2 tak tahu juga.

3. orang yang mudah berburuk sangka atau cepat menyimpulkan, lalu ia segera mengabarkan kepada orang lain berdasarkan sangkaannya tersebut. Padahal berita yang ia terima belum dapat dijamin kebenarannya. Islam punya prosedur dalam tabayun. Ketsiqohan tidak dapat dilnadaskan karena pertemanan atau persauadaran atau apapun, kecuali sseorang sudah dikenal public sebagai orang yang jujur dan tidak dusta.

4. orang yang membenci dan dan menyebarkan fitnah kemana-mana, agar suasana makin panas. bisa jadi orang-orang seperti ini mengaku sebagai orang yang peduli, tetapi secara halus lalu menjadi provokator di dalam, dan akhirnya justru mencederai dari dalam dengan kata-katanya yang tak terkendali.

maka sikap kita yang paling baik, jika memang tidak tahu pasti kebenarannya, adalah MENAHAN DIRI dan DIAM, menunggu sehingga semuanya pasti. ini jauh lebih baik, dari pada lalu terlontar kata-kata yang tak terkontrol penuh emosi, meski niat awalnya membela diri (dan barisan ini). mari

CMIIW, semoga bermanfaat, terutama buat saya sendiri


Image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Mei 24, 2013 by in Neguneg.

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 5.597 pengikut lainnya

My Posts

%d blogger menyukai ini: